√Kumpulan Gambar Kuda Lumping Kesurupan Terbaru

Posted on

Gambar Kuda Lumping Jawa – Sebelum kita masuk ke pembahasan utama tentang kuda lumping atau kuda kepang, banyak orang yang bertanya kuda lumping berasal dari mana ?, apa bedanya kuda lumping banyumasan dengan kuda lumping Temanggung ? dan lain sebagainya. Bahkan banyak generasi muda yang masih awam tentang kesenian tradisional kuda lumping sehingga di akhir artikel ini disisipkan kumpulan gambar kuda lumping.

Kesenian Kuda Lumping

Kuda lumping merupakan kesenian tradisional dari Jawa yang menggambarkan sekelompok prajurit penunggang kuda. Kuda yang dipakai dalam kesenian kuda lumping bukanlah kuda sungguhan, melainkan anyaman bamboo yang dihias dan dibentuk menyerupai kuda. Tarian kuda lumping begitu popular di masyarakat Jawa, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Logo Gambar Kuda Lumping
Logo Gambar Kuda Lumping

Selain disebut kuda lumping, tarian tradisional ini juga sering disebut “Jaran Kepang” karena anyaman bambu berbentuk kuda yang dipakai penari dihiasi dengan rambut tiruan yang dibuat dengan cara di kepang. Selain menampilkan gerak tari, kesenian kuda lumping juga memunculkan unsur magis dalam setiap pertunjukannya. Ada beberapa ritual yang dilakukan oleh penari pada saat pertunjukan hingga adanya penari kuda lumping kesurupan.

Selain itu ada beberapa atraksi berbahaya yang ditampilkan, seperti menyayat diri dengan benda tajam, memakan beling, berjalan di atas pecahan kaca dan banyak atraksi berbahaya lainnya. Walaupun terdapat unsur magis dan beberapa atraksi berbahaya yang dipertontonkan, namun kuda lumping masih dominan pada unsur gerak tari yang mewakili filosofi kepahlawanan para prajurit berkuda dalam kancah peperangan.

Pertunjukan kuda lumping biasanya dikawal oleh “orang tua” atau orang yang memahami hal-hal magis untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Sebelum pertunjukan dimulai biasanya diawali dengan pemberian sesaji dan pembacaan doa agar dijauhkan dari segala mara bahaya. Selain itu mereka juga bertugas untuk menyembuhkan penari yang kesurupan.

Dalam perkembangannya, kesenian tradisional kuda lumping ini tidak hanya popular di Jawa saja, namun juga dikenal oleh masyarakat di luar Jawa. Tarian tradisional ini juga sering diadakan dalam acara-acara tertentu seperti penyambutan tamu kehormatan, festival budaya, perayaan hari kemerdekaan dan lain sebagainya. Bahkan tidak jarang warga masyarakat yang menyewa kesenian kuda lumping untuk tampil meramaikan acara hajatan tertentu.

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak kreasi baru yang ditambahkan oleh para seniman kuda lumping di setiap pertunjukannya. Hal ini bertujuan agar pertunjukkan menjadi lebih atraktif dan menarik minat generasi muda untuk menontonnya. Dengan demikian kesenian kuda lumping akan terus eksis tidak tergeser oleh perkembangan zaman.

Kumpulan Gambar Kuda Lumping

Berikut ini beberapa gambar pertunjukan kuda lumping Jawa Tengah, kuda lumping Jawa Timur sampai atraksi kuda lumping makan beling.

Gambar Jaran Kepang Temanggung
Gambar Jaran Kepang Temanggung
Gambar Kuda Lumping Banyumasan
Gambar Kuda Lumping Banyumasan
Gambar Kuda Lumping Jawa Tengah
Gambar Kuda Lumping Jawa Tengah
Gambar Kuda Lumping Jawa Timur
Gambar Kuda Lumping Jawa Timur
Gambar Kuda Lumping Jawa
Gambar Kuda Lumping Jawa
Gambar Kuda Lumping Temanggung Jatilan
Gambar Kuda Lumping Temanggung Jatilan

Nah cukup sekian pengenalan tentang kesenian kuda lumping dilengkapi dengan kumpulan gambar kuda lumping. Semoga bermanfaat!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *