√Koleksi Gambar Wayang Werkudara Terlengkap

Posted on

Raden Werkudara –Biasanya dalam soal latihan pelajaran Bahasa Jawa tentang Wayang, kamu akan mendapatkan pertanyaan, Raden Werkudara satriya ing ndi ? (Raden Werkudara seorang ksatria yang bertempat dimana?). Maka Anda bisa menjawab soal tersebut dengan, Werkudara iku satriya ing Jodhipati (Raden Werkudara adalah seorang ksatria yang bertempat di Jodhipati). Sebelum menampilkan kumpulan gambar wayang Werkudara, kamu perlu sedikit mengetahui siapakah Raden Werkudara itu ?.

Cerita Werkudara Singkat

Werkudara adalah anak kedua dari Prabu Pandhu Dewanata dan Dewi Kunthi. Werkudara adalah titisannya Bathara Bayu. Karena anak kedua, werkudara biasanya diberi julukan putra panenggaking Pandhawa atau puta penegaknya Pandhawa. Nama lain Werkudara adalah Bratasena, Bima, Haryasena, Bayusiwi, Kusumadilaga, Jayalaga dan Jagal Abilawa.

Gambar Wayang Bimasena
Gambar Wayang Bimasena

Werkudara mempunyai tiga istri yaitu, Dewi Nagagini, Dewi Arimbi dan Dewi Urangayu. Dengan Dewi Nagagini, Werkudara mempunyai anak Raden Antareja. Dengan Dewi Arimbi, mempunyai anak Raden Gatotkaca dan dengan Dewi Urangayu mempunyai anak Raden Antasena.

Raden Werkudara mempunyai beberapa senjata pusaka, antara lain Kuku Pancanaka, Gada Rujakpala dan Gada Lambitamuka. Sementara kesaktian atau aji yang dimiliki Raden Werkudara antara lain Bandung Bandawasa, Ungkal Bener, Blabag Pengantol-antol dan Bayu Bajra.

Werkudara kecil bernama Bratasena, dia terlahir dalam keadaan bayi yang terbungkus rapat. Semua senjata pusaka tidak bisa merobek bungkusnya kecuali Gajah Sena. Setelah keluar dari bungkus, bayi Bratasena diinjak-injak, diserang dengan belalai dan gading gajah. Bukannya celaka, bayi Bratasena malah semakin besar dan menyerang Gajah Sena dengan Kuku Pancanaka dan seketika itu juga Gajah Sena tewas. Raga gajah sena menyatu ke diri Bratasena.

Raden Werkudara menjadi andalan Pandhawa dalam perang Bharatayuda. Hanya Werkudara yang bisa membunuh Dursasana, Sengkuni dan Duryudana. Werkudara mati setelah perang Bharatayuda menyusul Arjuna, Nakula dan Sadewa. Diceritakan, Werkudara mati karena saat hidup dia senang makan, sering bertindak kasar dan tidak bisa berbicara dengan lemah lembut.

Kumpulan Gambar Wayang Werkudara

Gambar Wayang Werkudara Artistik
Gambar Wayang Werkudara Artistik
Gambar Wayang Werkudara Klasik
Gambar Wayang Werkudara Klasik
Gambar Werkudara Hitam Putih
Gambar Werkudara Hitam Putih
Gambar Wayang Werkudara Hitam Putih
Gambar Wayang Werkudara Hitam Putih
Gambar Wayang Kulit Werkudara
Gambar Wayang Kulit Werkudara

Demikian informasi tentang cerita Werkudara dan koleksi gambar wayang Werkudara yang bisa menjadi referensi Anda dalam mempelajari budaya Jawa terutama wayang kulit. Semoga bermanfaat!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *